Home Success 3 Alasan yang Menyebabkan Anda Sulit Menjadi Orang Kaya

3 Alasan yang Menyebabkan Anda Sulit Menjadi Orang Kaya

45
0

Menjadi orang kaya merupakan impian hampir setiap orang, tidak peduli dengan cara apa mereka mendapatkannya. Mungkin Anda memilih Guru atau dokter sebagai cita-cita sewaktu kecil, alih-alih mengambil jurusan Pendidikan Guru atai kedokteran, kini Anda justru memiliki gelar SE karena lulus dari jurusan ekonomi.

Ketika otak mulai berpikir realistis di usia kita yang sudah dewasa, menjadi Guru atau polisi bukan lagi pilihan karena tidak bisa membuat Anda menjadi kaya – yang justru ironis karena kontribusi dan jasa mereka yang besar untuk Indonesia. Menjadi akuntan, direktur pemasaran, atau memulai bisnis pribadi jauh lebih menjanjikan karena dapat membuat Anda cepat menjadi kaya.

Tidak peduli apa jabatan dan pekerjaan Anda saat ini karena itu bisa saja membuat anda menjadi kaya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat menghambat seseorang untuk menjadi kaya.

Anda Tidak Paham Bagaimana Cara Kerja Uang

Uang bukanlah topik yang mudah dipahami. Sebagian orang hanya tahu bagaimana cara mendapatkan uang tetapi mereka lupa atau belum tahu bagaimana untuk mengaturnya. Rasa tanggung jawab untuk mengelola keuangan dan meningkatkan pendapatan tidaklah dipahami oleh banyak orang.

Setiap orang kaya tahu bahwa menjadi kaya bukanlah sebuah hal yang kebetulan, tetapi ada aksi-aksi yang harus dilakukan untuk bisa membawa mereka ke tujuan tersebut. Anda membutuhkan uang untuk mendapatkan uang!

Anda harus tahu bagaimana cara mendapatkan uang dan melipatgandakannya. Ada banyak buku yang dapat dipelajari, seperti Rich Dad, Poor Dad karya Robert Kiyosaki, The Richest Man in Babylon karya George Clason, atau The Total Money Makeover karya dave Ramsey. Bacalah, pahami dan terapkan bagaimana cara uang berkerja karena orang kaya memiliki mental yang luar bisa dalam mengatur keuangan.

Anda Tidak Memiliki Asset

Apa yang biasa Anda lakukan dengan sisa pendapatan setiap bulan? Meski hidup di era modern, banyak juga orang yang masih berpikir konvensional. Mereka hanya berpikir bagaimana agar bisa terlihat kaya, bukan bagaimana menjadi kaya. Mengganti mobil dengan seri terbaru akan membuat Anda terlihat kaya, tetapi bagaimana dengan investasi Anda? Asset apa yang sudah dimiliki?

Warren Buffet masih tinggal di rumah yang sama dari pertama Ia menikah. Rumahnya memang nampak biasa saja dan sederhana, namun Ia memiliki banyak gedung dan surat berharga dengan nilai investasi sangat luar biasa. Mulailah untuk membangun sebuah asset, baik rumah, tanah, deposito, emas atau investasi lain yang akan berguna untuk masa depan. Mobil baru bukanlah asset karena nilainya akan selalu menurun.

Konsumtif dan Obsesif

Pernahkan terpikir, bahwa mengapa saya sering membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak perlu? Tidak peduli berapa pendapatan Anda, mau 10 juta perbulan, 20 juta per bulan atau bahkan Ratusan juta per bulan, Anda tetap tidak bisa menjadi orang kaya selama masih memiliki sifat konsumtif. Idealnya, pengeluaran harus selalu lebih kecil dari pendapatan. Kesalahan yang tidak disadari adalah sifat kita yang terlalu obsesif dan konsumtif terhadap sesuatu.

Jika bisa berhenti membeli kopi dan rokok yang kurang lebih totalnya 40K selama 2 bulan, maka dari uang itu anda bisa mengonversikannya menjadi 1 gram emas. Sekarang Anda bisa melihat sikap konsumtif yang bisa dikurangi, lalu dialokasikan untuk membeli emas secara rutin, maka tak terasa ada investasi periodik yang bisa membuat Anda menjadi kaya. Pernahkan Anda terpikir bahwa sifat konsumtif yang sering dilakukan akan sangat bermanfaat jika dialokasikan untuk tabungan atau aset investasi?

Apapun profesi dan pekerjaan Anda, ingat bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk menjadi kaya. Pendapatan bukan menjadi faktor utama, melainkan hanya sebagai perantara untuk menjadi orang kaya. Bagaimana cara mengatur pemasukan dan pengeluaran-lah yang akan membuat semua orang bisa mendapatkan kekayaan yang mereka inginkan.

It’s not about how much money you make, it’s about how you save it!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here