Home Inspirasi 5 Kunci Sukses Untuk Menjadi Pebisnis Muda dan Meraih Sukses Di Masa...

5 Kunci Sukses Untuk Menjadi Pebisnis Muda dan Meraih Sukses Di Masa Depan

38
0
Kunci Sukses Untuk Menjadi Pebisnis Muda dan Meraih Sukses Di Masa Depan

Bisnis bukan hanya menjadi ‘mainan’ orang dewasa. Kini, tumbuh beberapa entrepreneur muda yang berhasil membuat dunia terpukau berkat kerja keras mereka sejak usia dini. Jodhi Sidharta, bocah 16 tahun yang kini telah menjadi super affiliate menjadi salah satu contoh bahwa bisnis online pun kini telah dikuasai oleh beberapa insane muda. Lalu, apakah kamu juga bisa menjadi entrepreneur sukses di masa depan?

Jika dalam usia muda ini kamu sudah menjalankan usahamu sendiri, masih banyak waktu untuk terus belajar dan memastikan masa depanmu baik-baik saja meskipun kamu memutuskan untuk menjadi entrepreneur, bukan PNS seperti kebanyakan pilihan remaja lain. Tidak peduli berapa usiamu, sekarang adalah saat terbaik untuk memulai bisnismu. Dengan 5 kunci untuk sukses ini, kamu bisa menjadi pebisnis muda sukses di masa depan.

Temukan Mentor

Mencari mentor adalah hal utama yang perlu kamu lakukan. Jiwa muda memang memiliki gairah yang tinggi akan kerja keras, namun tidak cukup membantu untuk menghadapi kompleksitas bisnis. Diperukan pemikiran yang matang dan ego yang stabil dalam setiap pengambilan keputusan dalam bisnis.

Kamu bisa mencari seseorang yang bisa membantumu membentuk mindset pebisnis sukses. Tidak sulit mencari orang yang cocok dijadikan role model dalam bisnismu nanti. orang-orang terdekatmu mungkin ada bisa membantumu, misalnya Teman, keluarga, atau bahkan penjual minuman di sekolah, bisa saja mereka memiliki segudang pengalaman yang bisa kamu dapatkan.

Tingkatkan Kemampuan dalam Berkomunikasi

Akan ada banyak orang yang harus kamu temui dan meyakinkan mengapa mereka harus menggunakan jasa/produk yang kamu miliki.  Belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan baik dan benar juga akan membantumu untuk mengembangkan bisnis di masa depan.

Perlu diketahui bahwa skills of lobbying diperlukan karena dapat menentukan sukses tidaknya kerja sama yang akan dilakukan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa melakukan presentasi produk secara tepat dan kamu akan lebih mudah dalam mengambangkan jaringan.

Miliki Kredibilitas

Masa muda merupakan keuntungan yang tidak dimiliki oleh entrepreneur lain (yang sudah tua). Kita masih memiliki ide-ide unik dan fresh, ditambah dengan kemampuan untuk mengolah informasi dengan lebih baik, dan kemampuan menggunakan teknologi. Kombinasi tersebut akan memberikan keuntungan dalam meraih kredibilitas dan respek orang lain.

Beberapa orang selalu mempertimbangkan untuk memberikan investasi pada pengusaha muda, dan ini adalah saat yang tepat untuk membuktikan bahwa entrepreneur muda pun bisa menjalankan bisnis secara profesional.

Menurut Peter Daisyme, cara terbaik untuk mendapatkan respek dari pengusaha lain adalah dengan melakukan personal branding. Jejaring sosial merupakan platform terbaik untuk membentuk karaktermu di dunia bisnis. Kamu bisa menggunakan facebook, instagram atau twitter sebagai bahan promosi produk, menuliskan cerita inspiratif yang kamu lakukan, atau menggunakan media sosial lain untuk memberitahu orang lain bahwa kamu adalah entrepreneur muda yang penuh potensi.

Temukan Cara Untuk Meredakan Stress

menghilangkan-stress

Dengan berbagai kesibukan lain diluar bisnis, seperti tugas sekolah, ekstrakulikuler, atau bahkan kegiatan sosial lain, kamu harus memiliki cara untuk meredakan stress. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menemukan sahabat yang bisa mendukungmu, atau bisa juga dengan memiliki hobby yang tidak ada hubungannya dengan bisnis yang kamu jalani.

Memastikan bahwa diri sendiri memiliki banyak kebahagiaan merupakan kewajiban, karena usia muda juga harus dipenuhi dengan pengalaman yang membahagiakan. Tidak ada hal yang layak untuk dikorbankan pada saat ini, bahagia akan membuatmu merasakan keseimbangan antara bisnis, kehidupan akademik, dan hakekatmu sebagai remaja pada umumnya.

Terus Melakukan Inovasi

inovasi

The worst case scenario, akan ada jenis bisnis yang sama yang dilakukan orang lain. Biasanya, salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengusaha muda adalah merasa cepat puas. Mereka masih terkurung dengan ego mereka sendiri. Merasa puas dengan apa yang telah dicapainya dan terlena dengan banyaknya keuntungan yang telah diraih. Padahal disaat yang bersamaan, muncul kompetitor-kopetitor dengan produk dan strategi pemasaran yang lebih baik.

Lakukan riset tentang bisnismu dan kemungkinan seperti apa yang bisa membuat pelangganmu menggunakan jasa/produk lain. Selalu ingat bahwa jika ada 2 brand yang sama, customer akan memilih produk yang mereka suka – dan tugasmu adalah memastikan mereka memilih brand yang kamu ciptakan. Dengan kewaspadaan ini, kamu bisa mempertahankan bisnis yang lebih lama. Tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa melakukan inovasi bisnis dan mendatangkan profit lebih banyak.

Itulah 5 kunci sukses untuk menjadi pebisnis muda yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk selalu berkerja keras dan berdoa untuk memperoleh hasil yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here