Home Inspirasi 6 Hal yang Harus Kita Ingat Ketika Hidup Tak Berjalan Sesuai Rencana

6 Hal yang Harus Kita Ingat Ketika Hidup Tak Berjalan Sesuai Rencana

35
0
Ketika Hidup Tak Berjalan Sesuai Rencana

Tuhan menciptakan otak sehingga kita memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengingat. Pada dasarnya, kebahagiaan ada bukan karena kita tidak memiliki masalah, tapi kebahagiaan ada karena kita memiliki cara untuk menghadapi masalah. Selama ini, sering kali kita mengingat hal-hal yang telah hilang dalam hidup kita, bukan mengingat hal-hal yang telah kita capai dan telah kita miliki sebagai cara untuk bersyukur.

Dalam sebuah lagu pun terdapat lirik yang mengatakan bahwa hidup penuh liku-liku. Manusia hanya berencana dan Tuhan yang menentukan. Lalu, ketika hidup tidak sesuai dengan apa yang kita impikan, apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini adalah hal yang perlu Anda ingat ketika hidup tidak berjalan sesuai rencana.

Kegagalan Merupakan Bagian dari Masa Depan

Dalam proses kehidupan akan selalu ada 2 pilihan; yaitu Anda melakukan kesalahan lalu gagal atau Anda melakukan hal yang tepat dan mendapat apa yang Anda inginkan. Jika hidup terasa melaju ke arah pertama, yakinkan diri Anda bahwa ini merupakan salah satu bagian dari masa depan.

Hanya karena Anda gagal, bukan berarti itu menjadi bagian akhir dari cerita. Good things take time. Mungkin tidak sekarang, tapi kesuksesan menanti Anda beberapa saat kemudian. Ini hanyalah bagian dari perjalanan hidup Anda. Kecuali jika Anda berhenti berusaha, maka hidup berakhir dengan kegagalan.

Segala Sesuatu Dalam Hidup Bersifat Sementara

Harus kita ingat bahwa segala sesuatu dalam hidup ini bersifat sementara. Bahkan hukum ini berlaku saat Anda sukses, karena setiap saat Anda bisa jatuh dan harus memulai hidup lagi dari nol. Demikian juga dengan kegagalan dan pahitnya kehidupan yang dialami. Semua memiliki masa dan ketika hidup berjalan tidak seperti yang Anda bayangkan, ini adalah cara Tuhan mempertanyakan kesungguhan Anda dalam mencapai kesuksesan.

If things are good now, enjoy it because it won’t last forever. If things are bad, don’t worry, it won’t last forever either.

Mengeluh Tidak Mengubah Keadaan

Anda gagal, itu wajar. Anda melakukan kesalahan, itu pun wajar. Selalu ada waktu untuk bangkit dari kegagalan dan memperbaiki kesalahan. Apakah kita tidak boleh mengeluh? Tentu boleh. Manusia memiliki rasa dan kekhawatiran akan kegagalan berikutnya akan selalu datang. Namun perasaan tersebut hanyalah perasaan dan mengeluh tidak akan mengubah keadaan. Perlu ada aksi nyata yang Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan dan melupakan kegagalan.

Setiap Perjuangan Akan Membuahkan Hasil

Sama halnya dengan kehidupan, jika dianalogikan dengan sebuah bisnis, modal yang Anda keluarkan akan berujung pada 2 hal; A. keuntungan, yang akan menambah jumlah modal Anda. B. kerugian, yang akan mengurangi modal Anda, namun hal ini akan memberikan sebuah pelajaran yang berharga agar Anda tidak mengalaminya dan kehilangan lebih banyak modal lagi.

Hal ini juga berlaku pada kehidupan. Setiap perjuangan yang Anda lakukan akan memberikan sebuah keuntungan atau memberikan sebuah pelajaran melalui cara-cara yang tidak bisa dijelaskan. Setiap perjuangan akan membuahkan hasil yang sepadan, entah sekarang, besok, atau 5 tahun kemudian.

Komentar Orang Bukan Urusan Anda

Dalam proses kehidupan, akan ada banyak orang yang tidak suka dengan apa yang Anda lakukan. Akan banyak ocehan atau komentar negatif yang akan menguji mental juang Anda. Namun itu bukan menjadi urusan Anda, selama Anda melakukan hal yang benar dan tidak merugikan orang lain.

Blokir pikiran negatif yang dilontarkan oleh orang lain karena hal tersebut hanya akan membawa keraguan dalam diri. Selama apa yang Anda lakukan itu benar dan dapat membawa Anda pada kesuksesan, tidak ada orang yang berhak menilai apa yang telah Anda lalui. Tetapi komentar dan kritik dari orang lain juga memiliki sisi positifnya, yaitu untuk mengevaluasi diri.

Berserah Diri Kepada-Nya

Ketabahan diri seseorang akan terlihat ketika ada banyak masalah menerpa tetapi ia memilih untuk bersyukur dan memberi apresiasi terhadap apa yang telah diraihnya. Jadilah orang yang selalu menerima setiap ujian dan cobaan dengan lapang dada karena seberapa besar halangan yang ada di depan kita, namun jika Tuhan telah berkehendak, sesuatu yang awalnya terlihat tidak mungkin bisa terjadi begitu saja. Tugas kita adalah berusaha dan terus mencoba sambil berdoa dan tetap berpegang teguh bahwa semua akan terwujud atas ijin-Nya.

Pada akhirnya, menjalani kehidupan adalah tentang mempercayai intuisi, menjalani setiap kesempatan dengan segala resikonya, kehilangan hal yang telah kita miliki dan mendapatkan hal yang baru lagi, mensyukuri apa yang telah terjadi, dan belajar dari kehidupan yang telah kita jalani.

At the end of the day, we get what we deserve.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here