Home Success Ajukan 6 Pertanyaan Ini Sebelum Anda Membuka Cabang di Lokasi Baru

Ajukan 6 Pertanyaan Ini Sebelum Anda Membuka Cabang di Lokasi Baru

23
0
berencana

Sebagai pemilik usaha yang sedang berkembang, membuka cabang merupakan salah satu trik scale-up yang akan meningkatkan pemasukan. Pemilik restoran, franchise, atau dimana pun level bisnis Anda, membuka cabang merupakan langkah nyata untuk memastikan bisnis terus meningkat dan berkembang. Ide untuk membuka cabang usaha di lokasi baru juga menjanjikan banyak pilihan; peningkatan profit, mengenalkan produk pada kawasan yang lebih luas, dan bahkan mendominasi pasar.

Namun, ekspansi bisa berbahaya karena Anda harus berkomitmen dengan tambahan tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis di lokasi yang baru. Sebelum Anda memutuskan untuk membuka cabang baru, 6 pertanyaan ini dapat meyakinkan Anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

Apakah Bisnis Pertama Anda Akan Tetap Bertahan?

Membuat perubahan dalam bisnis Anda memiliki resiko yang besar – begitu pula jika Anda tidak melakukan perubahan sama sekali. Tapi setidaknya, Anda percaya bahwa bisnis Anda di lokasi pertama tetap berjalan stabil sebelum berpikir untuk membuka cabang baru. Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendatangkan profit di bisnis kedua dan mau tidak mau, Anda tetap mengandalkan keuntungan dari “toko” pertama Anda untuk bertahan hidup dan mengoperasikan bisnis di cabang baru.

Analisa mengenai apa yang membuat para pelanggan datang dan selalu menggunakan produk Anda. Apakah hal tersebut karena kehadiran Anda? Kualitas produk? Akses lokasi yang mudah? Atau adakah hal lain yang membuat pelanggan datang ke toko pertama Anda. Buat cabang baru Anda memiliki daya tarik yang sama dengan pusat bisnis Anda.

Apakah Anda Mendapatkan Lokasi Strategis untuk Cabang Baru?

Perlu dicatat bahwa tujuan Anda membuka cabang baru adalah untuk meningkatkan pendapatan. Dengan kata lain, cabang baru Anda harus memiliki (setidaknya) omset yang sama dengan bisnis pertama di kemudian hari. Bagus atau tidaknya lokasi untuk cabang bisnis Anda memang relatif.

Namun semua masih bisa dikalkulasi dengan sebaik mungkin. Lihatlah di sekiling Anda, apakah di tempat tersebut telah memiliki jenis bisnis yang sama, atau apakah Anda harus mengeluarkan budget iklan yang lebih besar untuk memperkenalkan lokasi bisnis Anda.

Apakah Anda Menggunakan Sistem yang Sama?

Jika Anda berencana untuk membuka cabang baru untuk bisnis Anda, bisa dikatakan bahwa Anda telah sukses membangun sebuah sistem kerja di lokasi pertama. Itu artinya, tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan prinsip sistem yang sama di lokasi kedua sehingga Anda dapat mencapai kestabilan dan kesuksesan yang lebih cepat hanya dengan menduplikasi sistem.

Namun jika Anda berencana untuk menerapkan sistem berbeda, pastikan bahwa Anda bisa cepat beradaptasi di lokasi yang kedua. Menerapkan konsep berbeda di lokasi berbeda sama halnya dengan membuat sebuah usaha baru, bukan mengembangkan usaha yang telah Anda rintis.

Darimana Modal untuk Lokasi Kedua?

Memiliki cash flow yang cukup dari bisnis pertama memang sangat penting, namun Anda harus berhenti untuk mengandalkan keuntungan bisnis pertama sebagai modal untuk membuka cabang selanjutnya. Menggunakan seluruh keuntungan dari bisnis pertama untuk mengembangkan cabang Anda memiliki resiko yang sangat besar. Hal ini dapat melemahkan bisnis pertama Anda dan bahkan berpotensi menggagalkan kedua bisnis.

Para ahli menyarankan untuk membuat sistem funding berbeda untuk 2 bisnis Anda. Sistem Ini akan membantu Anda menghitung omset, biaya operasional dan profit dari kedua cabang tersebut. Pinjaman bank atau adanya investor masih dianggap sebagai cara terbaik untuk membiayai kedua bisnis Anda.

Apa yang Spesial Dari Cabang Baru Anda?

Ada sesuatu yang membuat pelanggan selalu datang ke lokasi bisnis pertama Anda. Tugas selanjutnya adalah membuat lokasi kedua memiliki daya magis yang sama. Apakah di tempat baru pelanggan memiliki akses yang lebih baik, tempat yang lebih nyaman, pelayanan yang lebih cepat, atau hal lain yang dapat membuat bisnis Anda berbeda dengan kompetitor lain.

Buatlah blueprint berisi catatan ide-ide Anda untuk tempat yang baru. Idealnya, sesuatu yang telah Anda miliki dan memberikan kesan positif bagi pelanggan, bisa diduplikasi untuk mempertahankan konsistensi dan kualitas brand bisnis Anda.

Apakah Ada Alternatif Lain?

Bisnis Anda mungkin sudah siap untuk berkembang, tapi bukan berarti Anda harus membuka cabang di lokasi kedua. Ada beberapa pilihan alternatif untuk mengembangkan bisnis Anda.

Toko online merupakan pilihan paling rasional dan mudah untuk segera dijalankan. Ada banyak online marketplace yang bisa menjadi wadah untuk mengembangkan bisnis Anda. Tokopedia merupakan salah satu market online terluas di Indonesia dengan jutaan barang dan pelanggan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan inovasi untuk menciptakan produk. Anda juga bisa melakukan re-branding dengan mengganti kemasan produk atau membuat sesuatu yang berbeda agar pelanggan meningkatkan jumlah transaksi. Ini merupakan salah satu cara alternatif untuk scale-up bisnis Anda.

Membuka cabang baru di lokasi berbeda merupakan sebuah sesuatu yang besar untuk usaha yang sedang berkembang. Apapun caranya, Anda harus segera mengembangkan bisnis untuk mendapatkan profit yang lebih besar. Overthinking hanyalah ketakutan semu yang membuat bisnis Anda tidak berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here