Home Success Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Cara Investasi Saham Bagi Pemula

17
0
investasi saham

Investasi merupakan suatu kegiatan yang banyak dilirik oleh masyarakat sebagai salah satu penjaminan kesejahteraan di masa tua kelak. Salah satu cara investasi adalah dengan memiliki kepemilikan saham. Cara investasi saham sebenarnya cukup mudah jika Anda mengetahui cara yang benar. Nah untuk mengetahui bagaimana cara investasi saham yang baik dan benar, Anda dapat mempelajari dari dasar dan secara mendalam di sini.

Macam-macam Investasi

Ada beberapa macam kegiatan investasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan passion Anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Investasi Emas

investasi emas

Emas merupakan salah satu logam mulia yang memiliki harga yang cukup stabil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai salah satu barang yang digunakan dalam investasi jangka panjang.

Emas juga merupakan cara investasi yang proses pencairan uangnya lebih cepat dibandingkan dengan cara investasi lainnya. Hal ini menyebabkan investasi logam mulia dan emas cenderung banyak peminat dari masa ke masa.

Investasi Properti

investasi properti

Properti adalah salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan dan menjadi tren saat ini. Hal ini terutama karena kebutuhan akan tempat tinggal dan bangunan akan terus meningkat, mengingat jumlah manusia di bumi juga terus meningkat tiap tahunnya.

Investasi dalam bentuk properti harus Anda coba jika Anda memiliki uang yang cukup banyak. Properti seperti tanah, kontrakan, kost-kostan, penginapan, dan sejenisnya pastinya akan memiliki harga yang akan terus meningkat mengikuti tren pasar. Anda juga bisa menggunakan properti yang Anda miliki untuk disewakan agar dapat memiliki uang tambahan dari sewa tersebut.

Investasi Saham

investasi saham

Cara investasi saham memang merupakan cara yang banyak juga diikuti oleh banyak orang karena dengan cara ini kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencobanya. Apalagi Anda dapat mendapat keuntungan yang cukup besar jika mampu memainkannya dengan benar dan paham kapan waktu yang tepat untuk membeli dan mejual saham Anda.

Investasi Mata Uang Asing

investasi mata uang asing

Mata uang asing juga termasuk sebuah jenis barang yang bisa Anda jadikan barang investasi. Namun, berinvestasi dengan mata uang asing merupakan investasi yang memiliki resiko tinggi karena sangat bergantung pada kondisi perekonomian negara mata uang tersebut serta kondisi perekonomian dalam negeri. Karena keduanya sangat mempengaruhi nilai tukarnya kelak.

Investasi Barang Koleksi

investasi barang koleksi

Ada berbagai barang koleksi yang dapat Anda jadikan barang investasi karena harganya yang semakin melambung seiring dengan dengan usia koleksi yang semakin tua.

Beberapa koleksi yang sebenarnya barang yang sangat sepele dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar di kemudian hari, apalagi jika barang koleksi yang Anda miliki termasuk barang yang langka, pasti akan banyak kolektor yang menawar koleksi Anda dengan harga yang cukup tinggi. Kadang juga terbilang fantastis dan tidak masuk akal.

Beberapa contoh barang koleksi diantaranya adalah perangko, barang antik seperti perhiasan dan keris, lukisan, action figur, mainan mobil dengan merk tertentu, dan masih banyak lagi.

**

Nah, itu tadi 5 investasi populer yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Masih ada beberapa investasi lainnya yang juga dilakukan oleh beberapa orang hanya saja kurang populer dan jarang dilakukan.

Mengenal Investasi Saham

mengenal investasi saham

Investasi saham adalah investasi yang dapat memberikan keuntungan yang cukup banyak dan dapat dimulai dengan modal yang sedikit. Sebelum kita mencari tahu cara investasi saham ada baiknya kita belajar secara singkat mengenai apa itu saham.

Saham adalah salah satu bentuk investasi dengan membeli surat kepemilikan sebuah perusahaan. Saham dapat dibeli dengan aturan tertentu melalui Bursa Efek Indonesia. Dalam pembeliannya, biasanya kita akan dibantu oleh seorang broker dari perusahaan efek.

Anda dapat memantau perkembangan harga saham dari data yang dikeluarkan bursa efek setiap pagi dan sore, yakni pada saat pembukaan bursa dan penutupan bursa. Untuk melakukan transaksi hanya dapat dilakukan pada saat hari kerja dan pada jam kerja yang terbatas.

Anda juga dapat memantau perkembangan harga saham secara online dan membeli saham secara online. Cara investasi saham secara online memiliki waktu konfirmasi yang lebih cepat sehingga lebih menguntungkan.

Cara Investasi Saham untuk Pemula

Cara Investasi Saham untuk Pemula

Nah, jika Anda tertarik untuk melakukan investasi dalam bentuk saham, Anda harus mengetahui cara investasi saham agar terhindar dari kerugian yang besar.

Investasi saham memang memiliki prospek yang bagus untuk masa depan jika kita pandai memilih saham apa yang kita investasi. Agar dapat memiliki keuntungan yang tinggi, Anda harus mau belajar dan memahami bagaimana jalannya bisnis ini sehingga Anda tidak mudah tertipu dan merugi. adapun cara investasi saham bagi pemula adalah sebagai berikut.

Memahami apa itu saham dan investasinya

Cara investasi saham yang pertama adalah dengan mengerti dan memahami terlebih dahulu apa itu saham dan bagaimana investasi, termasuk kekurangan dan kelebihannya agar kita tidak kapok dan kaget terutama saat merugi. Hal tersebut dalam investasi saham sangatlah mungkin terjadi.

Saham seperti yang telah dibahas di atas adalah suatu kepemilikan sebagian perusahaan atau badan usaha. Untuk dapat memiliki kepemilikan bagian perusahaan tersebut, kita harus melakukan pembelian.

Karena Anda memiliki sebagian dari perusahaan atau badan usaha tersebut, jika perusahaan mendapatkan keuntungan, maka kita juga memiliki hak untuk mendapatkan sebagian dari keuntungan tersebut. Keuntungan yang didapat dari perusahaan yang kita beli sahamnya disebut dividen.

Keuntungan tidak hanya didapatkan dari dividen saja. Kita juga dapat melakukan penjualan saham saat harga saham sedang tinggi sehingga kita akan mendapatkan selisih harga yang cukup menguntungkan.

Selain keuntungan, tentunya ada juga faktor yang beresiko jika kita investasi saham. Jika Anda tidak jeli dalam membaca situasi pasar, Anda bisa merugi cukup besar.

Anda harus selalu mengingatkan diri Anda sendiri bahwa modal yang digelontorkan di pasar saham dapat habis tidak bersisa jika kita mengalami kerugian.

Karena resikonya yang sangat tinggi tersebut, bagi Anda yang ingin melakukan investasi saham, Anda harus tahu cara investasi saham yang benar, serta harus siap akan semua resiko yang mungkin bisa terjadi.

Mendaftar di perusahaan sekuritas

Jika Anda sudah mantap untuk melangkah dan siap investasi saham, cara investasi saham yang ke dua adalah memilih perusahaan sekuritas mana yang akan Anda jadikan sebagai perantara Anda dalam berbisnis saham.

Ada cukup banyak perusahaan sekuritas yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat mencari perusahaan terdekat di kota Anda sehingga lebih mudah dalam mengurus berbagai kebutuhan yang dibutuhkan.

Adapun cara memilih perusahaan pialang atau sekuritas dengan bijak agar tidak tertipu adalah sebagai berikut.

  • Pilih perusahaan yang memiliki kerja sama dengan BEI serta terdaftar secara resmi (legal). Ditandai dengan adalanya surat ijin badan usaha yang lengkap.
  • Pilih perusahaan yang dekat dan berlokasi di kota Anda sehingga mudah dijangkau. Hal ini akan memudahkan jika terjadi masalah dan sebagainya.
  • Pilih perusahaan dengan reputasi baik (dapat dilihat dari pengalaman teman-teman yang sudah terjun dalam investasi saham terlebih dahulu).
  • Pilih perusahaan yang memiliki pelayanan yang baik dan ramah karena perusahaan tersebut akan menjadi perantara Anda dalam investasi saham dalam jangka panjang.

Membuka rekening untuk investasi saham

Cara investasi saham yang ketiga adalah membuka rekening untuk investasi saham pada perusahaan sekuritas. Setelah memilih perusahaan pialang atau perusahaan sekuritas yang Anda inginkan, saatnya Anda membuka rekening di perusahaan tersebut.

Seperti halnya pembukaan rekening di bank, Anda juga harus melampirkan beberapa data pribadi seperti KTP, data ahli waris, pekerjaan, serta melengkapi dengan foto kopi buku tabungan.

Seperti halnya membuka rekening awal di bank, tentunya akan ada saldo awal yang dibutuhkan untuk mengisi rekening Anda. Ada perusahaan yang menuntut saldo awal berkisar Rp 5.000.000,- serta ada pula yang menuntut lebih tergantung dari perusahaan yang Anda pilih.

Memutuskan saham untuk investasi

Cara investasi saham yang keempat adalah memutuskan saham yang akan dibeli. Memutuskan saham yang akan dibeli haruslah dipikirkan secara matang. Tentunya kita menginginkan saham yang akan memberi kita keuntungan yang besar dengan resiko yang ditimbulkan sekecil mungkin.

Analisa terhadap perusahaan yang akan kita beli sahamnya menjadi sangat penting untuk memutuskan apakah perusahaan tersebut layak atau tidak untuk kita beli sahamnya. Anda juga dapat meminta rekomendasi pada broker atau pialang Anda mengenai perusahaan apa yang baik untuk pemula dan bagaimana perkembangannya.

Melakukan proses pembelian saham

Cara investasi saham yang kelima adalah mulai melakukan proses pembelian saham. Jika Anda sudah memilih saham yang tepat Anda dapat langsung melakukan pembelian saham dengan berbagai cara.

Cara membeli saham bagi pemula yang pertama adalah Anda dapat memesan saham melalui broker atau pialang yang ada pada perusahaan sekuritas Anda.

Anda juga dapat membeli saham dengan cara online. Cara bermain saham online bagi pemula adalah melalui sistem yang sudah disediakan oleh BEI yakni melalui sistem trading saham online. Cara ini dapat menjadi alternatif jika Anda sedang berada di luar kota dan tidak dapat menjangkau broker Anda sehingga Anda dapat melakukan pembelian secara mandiri.

Jumlah saham yang dibeli tidaklah sesuka hati kita. Kita harus membeli dalam satuan lot yang mana dalam 1 lot terdiri dari 100 saham. Ada juga biaya lainnya yang harus Anda keluarkan saat membeli saham yakni biaya broker atau pialang serta pajak PPN sebesar 10%.

Mengerti cara menjual saham

Cara investasi saham berikutnya adalah mengetahui cara menjual saham. Waktu yang tepat untuk menjual saham Anda adalah saat harga saham sedang mengalami kenaikan yang tinggi dan cukup untuk memberikan selisih harga dengan harga pembelian sehingga keuntungan yang di dapatkan menjadi cukup besar pula.

Penjualan saham dapat dilakukan secara mandiri atau melalui broker atau pialang di perusahaan sekuritas Anda.

Pandai membaca pasar

Cara investasi saham yang terakhir adalah perlunya jeli dan pandai membaca pasar. Jika kita pandai membaca pasar maka kita akan dengan sendirinya dapat terhindar dari faktor resiko kerugian besar. Membaca pasar dapat Anda pelajari dari pengalaman dan belajar kepada investor saham yang sudah ahli.

Itu tadi penjelasan mengenai investasi, saham, dan cara investasi saham bagi Anda para pemula. Semoga dapat membantu Anda dalam memulai investasi dalam bentuk saham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here