Aplikasi Whatsapp sangat populer dan banyak digunakan di Indonesia karena mudah, ukuran aplikasi yang cukup kecil sehingga tidak memberatkan smartphone kita dan yang paling utama adalah tidak ada iklan yang tiba-tiba muncul sehingga tidak mengganggu penggunanya. Selain komunikasi secara pribadi dengan seseorang, Whatsapp juga dapat memfasilitasi mereka yang ingin berkomunikasi dalam sebuah kelompok dengan menyediakan fitur group.

Orang yang membentuk grup biasanya akan langsung menjadi pengurus atau admin grup tersebut. Orang yang membentuk grup juga dapat memilih orang lain yang tergabung dalam grup tersebut menjadi pengelola grup. Admin atau pengatur grup dapat memasukkan siapa saja yang akan dimasukkan dalam grup yang mereka kelola.

Masalahnya, bagi kita yang tidak ingin tergabung dalam grup tersebut biasanya kesulitan untuk kelar grup karena banyak alasan, salah satunya adalah jika kita keluar, maka notifikasi akan muncul di grup tersebut sehingga admin mengetahuinya. Namun Anda tidak perlu khawatir ada cara keluar dari grup Whatsapp secara diam diam tanpa ketahuan. Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama.

Berkomunikasi dengan banyak orang di mana pun mereka berada kini dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja yang memiliki smartphone. Bahkan dengan orang di lain negara tanpa membutuhkan biaya tambahan. Whatsapp merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan beberapa kegiatan komunikasi termasuk di dalamnya mengirimkan pesan, membuat pesan grup, mengirimkan pesan suara, melakukan panggilan suara, panggilan video, sampai bertukar berbagai jenis file mulai dari dokumen, foto, nomor telepon, dan sebagainya. Jika Anda mencari cara keluar dari grup Whatsapp tanpa diketahui anggota lain dalam grup, kita bisa menggunakan beberapa langkah sebagai berikut.

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Terlihat

Cara keluar dari grup Whatsapp dengan sembunyi-sembunyi atau tanpa ketahuan yang pertama adalah dengan melakukan hapus data. Ini adalah cara yang paling sederhana dan tidak perlu melakukan hapus aplikasi. Namun, kita tidak bisa menggunakan nomor lama lagi jika kita menggunakan cara ini untuk keluar dari grup WA.

Hal tersebut dikarenakan jika kita melakukan clear data kemudian kembali bergabung dengan Whatsapp dengan nomor yang sama, maka Anda akan tergabung kembali ke grup yang mengundang Anda dengan nomor lama. Jika Anda mau menggunakan cara ini, Anda harus mengganti nomor lama Anda dengan nomor baru. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Membuka menu setting atau pengaturan pada smarphone android Anda
  • Cari di bagian device atau perangkat, dan klik bagian apps / aplk / manager aplikasi / application manager
  • Cari aplikasi Whatsapp (biasanya di bagain download) dan klik
  • Pilih hapus memori atau clear data
  • Akun Whatsapp Anda akan terhapus dari aplikasi dan nomor Whatsapp Anda sudah tidak aktif.

Jika melakukan cara di atas, pada dasarnya Anda tidak leave grup Whatsapp Anda, akan tetapi Anda membuat seolah Anda masih di dalam grup, padahal Anda sudah berganti nomor dan tidak menerima pesan dari grup tersebut lagi.

Cara ini cukup efektif jika Anda memiliki banyak nomor yang bisa dihubungi sehingga jika satu nomor tidak aktif, beberapa orang masih bisa menghubungi Anda dengan cara lain. Jika tidak, satu dari kesulitan orang yang berganti nomor adalah memberitahukan kepada keluarga dan orang terdekat bahwa kita mengganti nomor Whatsapp kita.

Cara Keluar Grup WA Tanpa Ketahuan

Cara keluar dari grup Whatsapp secara diam-diam yang kedua memiliki langka yang cukup panjang, namun dengan cara ini Anda bisa menggunakan nomor lama Anda kembali tanpa harus takut tergabung kembali ke grup lama Anda. Tidak perlu panjang lebar lagi, yuk kita cari tahu bagaimana cara keluar dari grup WA tanpa ganti nomor berikut ini.

  1. Ganti nomor Whatsapp Anda

Agar dapat keluar dari grup Whatsapp tanpa ketahuan yang pertama harus Anda lakukan adalah mengganti nomor whatssapp Anda. Caranya dengan mengikuti langkah berikut.

  • Belilah nomor baru yang akan digunakan untuk mengganti nomor Whatsapp lama Anda sementara.
  • Lakukan penggantian dengan masuk ke menu setting atau setelan > klik akun atau account > klik ganti nomor atau change number. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti instruksi selanjutnya sampai proses selesai.
  • Setelah berganti nomor, maka nomor kita yang ada di grup pun akan ikut berubah.
  1. Hapus data

Setelah nomor dalam grup berubah, langkah kedua yang harus kita lakukan adalah melakukan hapus data seperti halnya langkah di cara pertama. Jangan menghapus dari akun Whatsapp Anda, karena akan membuat notifikasi bahwa Anda keluar grup akan terlihat oelh siapa saja yang tergabug dalam grup tersebut. Anda harus melakukannya melalui setting atau pengaturan pada smartphone android Anda dengan langkah-langkah seperti pada cara pertama yakni masuk ke setting / pengaturan > klik apps / aplk / manager aplikasi / application manager > klik Whatsapp > klik happus memori / clear chace > klik hapus data / clear data.

  1. Gunakan nomor lama untuk mendaftar Whatsapp

Setelah Anda melakukan hapus data, Anda akan menemukan aplikasi Whatsapp di smartphone Anda tampak seperti baru di download. Nah, sekarang Anda dapat melakukan pendaftaran ulang nomor Whatsapp lama Anda pada aplikasi ini. Untuk melakukan pendaftaran, Anda tinggal mengikuti instruksi yang ada dalam aplikasi tersebut. Setelah Anda terdaftar kembali, Anda sudah tidak terdaftar di grup lama Anda.

Banyak dari kita yang tergabung dalam grup Whatsapp berbagai kelompok seperti grup khusus alumni mulai dari sekolah dasar, sampai SMA bahka perguruan tinggi. Biasanya hanya beberapa orang saja yang benar-benar aktif di grup dan membuat percakapan seru (yang tidak semua anggota grup mengerti) di dalam grup.

Notifikasi Whatsapp Anda menjadi sangat banyak dan penuh. Hal tersebut kadang cukup mengganggu bukan? Apalagi jika Anda tergabung di dalam banyak grup sehingga notifikasi menjadi menumpuk. Perasaan tidak enak untuk keluar grup sering muncul karena biasanya banyak orang yang kenal kita di dalam grup sehingga jika kita keluar dari grup akan terkesan sombong dan menghindar dari kenalan atau teman-teman kita.

Kita juga dapat dengan mudah melakukan cara menonaktifkan pemberitahuan WhatsApp Grup dan menghindari notifikasi yang bertumpuk dari grup Whatsapp dengan cara memblokir grup di Whatsapp atau membuatnya tidak mengeluarkan notifikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Masuk bagian chats di aplikasi Whatsapp Anda > tekan dan tahan grup Whatsapp Anda sampai tertandai / muncul tanda check (√) > klik simbol mute yang ada di pojok kanan atas > pilih berapa lama Anda ingin membuat grup menjadi mute > kosongi bagian show notification agar notifikasi tidak terlihat > klik ok.

Nah, itu tadi beberapa cara keluar dari grup Whatsapp secara diam-diam dan alternatif lainnya agar Anda tidak terganggu dengan banyaknya notifikasi yang masuk dari grup Whatsapp Anda. Semoga dapat membantu Anda  dan menambah informasi bagi Anda.