Home Parenting Cara Membuat Anak Kembar agar Tidak Saling Cemburu

Cara Membuat Anak Kembar agar Tidak Saling Cemburu

7
0
Cara Membuat Anak Kembar agar Tidak Saling Cemburu

Mempunyai anak adalah anugerah yang tidak ternilai harganya bagi orang tua. Apalagi jika orang tua dikaruniai anak kembar maka berlipat-lipat  kebahagiaan mereka. Membesarkan anak kembar memang lumayan merepotkan. Tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan harus berlipat ganda. Selain itu, kasih sayang yang perlu diberikan kepada anak kembar juga harus berlipat ganda dan seimbang.

Kasih sayang yang diberikan dengan proporsi yang berbeda bisa menimbulkan kecemburuan antara anak yang satu dengan anak yang lainnya. Oleh karena itu, orang tua yang memiliki anak kembar harus memiliki metode mendidik anak yang cerdas, termasuk cara membuat anak kembar tidak saling cemburu seperti yang akan diulas di bawah ini.

Bedakan Anak Kembar

Umumnya orang tua yang memiliki anak kembar akan memberikan segala sesuatu yang sama kepada mereka. Mereka akan memberikan nama yang sama hingga pakaian yang sama. Padahal cara tersebut bukanlah cara mendidik anak kembar yang benar.

Para ahli menyarankan agar anak kembar tidak diberikan sesuatu yang mirip atau sama. Sebaiknya orang tua menjelaskan kepada mereka mengenai kondisi mereka yang terlahir sebagai anak kembar. Akan tetapi anak kembar tidak selamanya sama. Anak kembar terlahir dengan kecerdasan dominan, kualitas mental dan bakat bawaan yang berbeda.

Membedakan anak kembar adalah cara membuat anak kembar agar tidak mencemburui saudara kembarnya. Dampaknya akan terasa ketika anak kembar beranjak dewasa. Anak kembar yang sejak kecil sudah dibedakan akan memiliki identitas masing-masing. Mereka tidak akan merasa iri atau berkecil hati ketika saudara kembarnya lebih unggul di bidang tertentu.

Sebaliknya, anak kembar yang lebih unggul tidak merasa sombong. Hal ini dikarenakan mereka sadar bahwa anak kembar tidak selalu sama. Anak kembar memiliki bakat dan minat di bidang yang berbeda. Kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki akan melengkapi satu sama lain.

Cara membuat anak kembar yang berbeda bisa dimulai dari pemberian nama yang berbeda. Ketika akan mau memasuki bangku sekolah, lebih baik sekolahkan mereka di sekolah yang berbeda. Jika terpaksa disekolahkan di sekolah yang sama maka mintalah pihak sekolah untuk menempatkan mereka di kelas yang berbeda.

Ketika orang tua menyadari bahwa mereka mempunyai bakat dan minat di bidang yang berbeda maka dukunglah mereka. Jangan membandingkan bakat dan minat anak kembar yang satu dengan yang lain.

Anak Kembar Bukanlah Satu Kesatuan

Anak yang terlahir kembar memang memiliki banyak kesamaan, terutama bagi kembar identik yang memiliki fisik yang benar-benar sama. Walau begitu anak kembar bukanlah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Anak kembar tetaplah individu yang memiliki identitas yang berbeda meski penampilan fisik mereka serupa. Dalam hal ini, orang tua harus bisa mendidik anak kembar sebagai individu yang mandiri yang tidak bergantung pada saudara kembarnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memperlakukan mereka seperti anak pada umumnya. Misalnya, ketika orang tua memberikan anak kembar perintah yang sama akan tetapi hanya satu anak kembar saja yang melaksanakan. Sebagian besar orang tua yang dihadapkan pada situasi ini akan menghukum kedua anak kembarnya.

Padahal cara tersebut bukanlah cara membuat anak kembar tidak saling iri. Justru anak kembar yang mematuhi perintah merasa cemburu. Dia akan menyadari bahwa orang tua tidak bisa menegakkan keadilan. Oleh karena itu, jika salah satu anak kembar membuat kesalahan tetaplah hukum anak yang membuat kesalahan karena itu adalah keadilan yang sesungguhnya.

Anak Kembar Harus Bekerja Sama Bukan Berkompetisi

Cemburu adalah hal yang tidak bisa dihindarkan ketika memiliki anak kembar. Sehingga, dalam mendidik anak kembar sebaiknya terapkan prinsip kerja sama. Orang tua bisa menerapkannya melalui pembagian tugas. Berikan tugas pada mereka, yang mana tugas tersebut saling melengkapi, bukan saling berkompetisi.

Contohnya, suruh satu anak kembar untuk menyapu lantai sementara anak yang lain membereskan rumah. Katakan pada mereka bahwa tugas yang berbeda bukan berarti tugas yang satu lebih ringan atau lebih berat dari yang lain. Tugas-tugas tersebut saling melengkapi dan harus diselesaikan agar rumah menjadi rapi dan nyaman.

Jangan Pilih Kasih

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang tua yang memiliki anak kembar pasti memiliki kecenderungan untuk memberikan kasih sayang yang lebih pada satu anak saja. Apalagi jika anak tersebut adalah anak yang membanggakan. Sayangnya, dengan pilih kasih anak kembar akan merasa cemburu.

Cara membuat anak kembar tidak saling cemburu adalah dengan memberikan kasih sayang dengan proporsi yang sama. Orang tua harus bersifat netral ketika salah satu anak kembar melakukan kesalahan. Tidak sebaiknya orang tua menghakimi satu anak kembar dan membandingkannya dengan saudara kembarnya.

Orang tua harus menanamkan kesadaran bahwa anak kembar hanya terlahir dalam waktu yang sama dan penampilan yang sama. Akan tetapi anak kembar tetaplah individu dengan karakter yang berbeda. Anak kembar memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus selalu didukung bukan dibandingkan. Keempat cara membuat anak kembar yang sudah dijelaskan di atas membuktikan bahwa mendidik anak kembar memang memiliki tantangan tersendiri. Akan tetapi adanya cara-cara di atas orang tua diharapkan bisa mendidik anak kembarnya dengan lebih baik agar tidak timbul kecemburuan antara satu dengan yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here