Home Parenting Cara Membuat Anak Laki Laki Rajin Berolahraga

Cara Membuat Anak Laki Laki Rajin Berolahraga

21
0
anak laki laki berolahraga

Anak laki-laki identik dengan aktivitas fisik seperti olahraga dan berpetualang. Sayangnya, banyak anak laki-laki yang enggan melakukan olahraga dengan berbagai macam alasan. Sebut saja mereka malas, tidak suka badan yang lengket karena keringat berlebih dan tidak mau kelelahan karena aktivitas fisik.

Padahal ada sejuta manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga. Tubuh menjadi lebih sehat karena peredaran darah menjadi semakin lancar. Metabolisme berjalan lancar karena racun-racun di dalam tubuh terbuang semua.

Olahraga juga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan kebal terhadap serangan virus. Olahraga membantu anak laki-laki membentuk badan yang proporsional seperti yang didambakan. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang didapatkan dari kebiasaan berolahraga.

Orang tua yang memiliki anak laki-laki yang tidak suka olahraga bisa menerapkan beberapa cara membuat anak laki laki agar menyukai olahraga. Simak cara-caranya di bawah ini.

Motivasi Anak

Motivasi memiliki peran yang penting dalam semua aspek kehidupan. Tidak terkecuali memotivasi anak laki-laki agar mau melakukan olahraga. Orang tua bisa memotivasi anak dengan menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dari berolahraga. Penjelasan mengenai dampak buruk jika tidak rajin berolahraga juga terbukti sebagai cara membuat anak laki laki menjadi lebih rajin berolahraga.

Kisah-kisah inspiratif pada atlet bisa juga dijadikan cara untuk membangkitkan motivasi buah hati agar mau berolahraga. Ada juga cara lain memberikan motivasi kepada anak laki-laki agar mau berolahraga dengan memberikan sepatu olahraga, pakaian olahraga maupun peralatan olahraga seperti bola, raket dan sejenisnya.

Kenalkan Olahraga Melalui Permainan

Sejatinya bermain merupakan aktivitas yang sangat di sukai oleh anak-anak. Sehingga, permainan bisa menjadi cara untuk membuat anak laki laki mau berolahraga. Lakukan permainan yang membutuhkan melibatkan aktivitas fisik seperti bermain polisi dan penjahat.

Di permainan ini orang tua akan berperan sebagai penjahat yang melarikan diri dan buah hati yang berperan sebagai polisi harus menangkapnya. Jangan lupa katakan pada anak jika dia akan mendapatkan hadiah ketika berhasil menangkap penjahat. Demi hadiah anak-anak pasti mau berlari demi menangkap penjahat. Apalagi jika hadiahnya adalah benda yang disukai.

Budayakan Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dilakukan. Cara membuat anak laki laki agar mau berolahraga bisa dimulai dengan membiasakan anak untuk berjalan kaki. Ajak anak untuk berjalan kaki ketika pergi ke tempat mana pun seperti sekolah, pasar, warung, taman bermain dan lain-lain.

Namun, jika lokasi tempatnya terlalu jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki maka gunakan kendaraan umum. Setidaknya kita harus berjalan kaki dari rumah menuju halte bus atau stasiun kereta api demi mendapatkan kendaraan umum.

Selain itu, ketika berada di bangunan yang memiliki banyak lantai seperti mall, pilihlah tangga biasa daripada eskalator ataupun elevator. Dengan membiasakan jalan kaki maka anak akan terbiasa dengan rasa lelah dan tidak akan protes ketika harus melakukan olahraga.

Pilihlah Cabang Olahraga yang Sesuai dengan Karakter Anak

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan karakter inilah yang menjadi dasar bagi orang tua dalam memilih cabang olahraga mana yang harus ditekuni oleh buah hati. Orang tua yang memiliki anak dengan karakter yang susah diam atau hiperaktif bisa memilih olahraga bela diri.

Melalui bela diri anak akan diajarkan bagaimana cara mengendalikan diri dan mengontrol kekuatan yang mereka miliki. Ada banyak cabang olah raga bela diri yang bisa dipilih seperti taekwondo, pencak silat, judo, kempo dan lain sebagainya.

Sedangkan, untuk orang tua yang memiliki anak dengan jiwa kompetitif yang tinggi bisa memilih olahraga berjenis permainan seperti sepak bola, bola basket, hoki es dan sejenisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here