Home Parenting Cara Membuat Anak Perempuan Berhijab Sejak Dini

Cara Membuat Anak Perempuan Berhijab Sejak Dini

10
0
Cara Membuat Anak Perempuan Berhijab Sejak Dini

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap perempuan yang beragama Islam untuk menutup aurat. Mereka harus menutup aurat yang terdiri dari sekujur tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Dari semua bagian tubuh yang harus ditutup, menutup aurat pada bagian kepala adalah hal yang paling sulit.

Masih banyak perempuan yang belum menutup kepalanya dengan hijab karena mereka merasa kepanasan. Alasan lain yang memberatkan perempuan untuk memakai hijab adalah persepsi bahwa rambut adalah mahkota bagi setiap perempuan.

Mereka belum siap jika rambut yang selama ini dirawat agar selalu sehat, kuat dan berkilau tersembunyi di balik hijab. Padahal memakai hijab untuk menutup aurat adalah kewajiban untuknya.

Cara membuat anak perempuan agar mau memakai hijab sebaiknya diajarkan oleh orang tua sejak masih kecil. Anak perempuan yang masih kecil harus ditumbuhkan rasa cintanya pada hijab agar kesadaran mereka untuk mematuhi syariat agama tumbuh sejak kecil pula. Sehingga, mereka bisa menyadari bahwa hijab bukan hanya penutup kepala saja, tetapi juga identitas bagi setiap perempuan yang beragama Islam.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada cara membuat anak perempuan agar berhijab sejak dini yang bisa diterapkan oleh para orang tua.

Kenalkan Pakaian Muslim pada Anak

Cara membuat anak perempuan agar mau memakai hijab sejak kecil bisa dimulai dengan mengenalkan anak pada pakaian Muslim yang tertutup dan syar’i. Orang tua bisa memulainya dengan mengubah kebiasaan berpakaian anak.

Umumnya anak perempuan yang kecil masih suka memakai pakaian yang seksi seperti kaos tanpa lengan dan celana atau rok yang di atas paha. Orang tua memilih pakaian yang terbuka dengan alasan mereka masih kecil dan agar mereka tidak kegerahan.

Agar anak mau memakai hijab orang tua bisa mengenalkannya secara bertahap. Pertama-tama, ganti dulu pakaian anak yang terbuka dengan pakaian yang panjang dan baju Muslim. Kemudian, biasakan anak untuk memakai pakaian Muslim atau pakaian yang panjang dan hijab ketika keluar rumah.

Anak perempuan yang masih kecil bisa memakai hijab instan yang terbuat dari bahan kaos yang mudah menyerap keringat dan tidak panas ketika dipakai. Selain itu, orang tua tidak perlu khawatir jika anak terlihat tidak modis karena memakai pakaian Muslim. Kini banyak pakaian Muslim khusus anak yang memiliki desain modis. Sebut saja pakaian Muslim anak yang dikeluarkan oleh Dannis atau Rabbani.

Berikan Pengetahuan Tentang Hijab

Cara membuat anak perempuan agar mau memakai hijab adalah dengan mengenalkan apa itu hijab kepada mereka. Orang tua bisa mengatakan bahwa hijab merupakan perintah dari Allah SWT untuk seluruh perempuan yang beragama Islam. Tanamkan dalam pikiran anak bahwa memakai hijab tidak semata-mata untuk menutup aurat saja.

Hijab merupakan identitas bagi perempuan yang beragama Islam. Yakinkan pula buah hati bahwa memakai hijab tidak akan membuatnya kegerahan karena hijab akan melindungi tubuh dari sengatan panas matahari dan dinginnya terpaan angin. Memakai hijab dan pakaian Muslim membuat tubuh tidak terekspos dan bisa terhindar dari kejahatan seksual yang sangat marak dewasa ini.

Khusus untuk para ayah bisa menceritakan bahwa hijab yang dipakai oleh anak perempuan adalah pelindung bagi para ayah dari panasnya api neraka dan siksa kubur. Dengan kesadaran akan memakai hijab semakin tinggi.

Motivasi Anak dengan Kisah Perempuan Muslim yang Hebat

Memberikan motivasi kepada anak adalah poin penting dalam cara membuat anak perempuan agar mau memakai hijab. Berilah motivasi kepada buah hati dengan menceritakan kisah-kisah perempuan Muslim yang hebat seperti Khadijah, Aisyah, Fatimah, Siti Hajar, dan tokoh lainnya. Ceritakan pula kisah-kisah perempuan Muslim yang memakai hijab yang sukses di kancah nasional maupun internasional.

Kisah-kisah tersebut akan memberikan dorongan kepada buah hati agar bahwa sosok perempuan yang mematuhi ajaran agama adalah teladan yang baik untuknya. Selain itu, motivasi terbesar agar anak perempuan mau mengenakan hijab adalah sosok ibunya. Ibu harus memberikan contoh yang baik dengan menutup aurat sehingga anak bisa mengikuti kebiasaan baik tersebut.

Cari Lingkungan Bergaul yang Baik

Selain keluarga, hal yang memiliki pengaruh besar terhadap kemauan anak perempuan untuk memakai hijab adalah lingkungan pergaulannya. Sebagai orang tua kita harus memilih lingkungan pergaulan yang baik untuk anak. Apalagi jika orang tua ingin menanamkan rasa cinta terhadap hijab ke dalam diri sang buah hati.

Oleh karena itu, jangan memilih lingkungan pergaulan dimana anak perempuan yang berhijab adalah minoritas. Hal itu bisa mempengaruhi niat anak dalam memakai hijab. Sebaiknya pilihlah lingkungan pergaulan yang mendorong anak perempuan agar mau berhijab. Anak-anak bisa bergabung ke dalam kelompok pengajian untuk anak-anak, madrasah diniyah, atau pondok pesantren agar dia berada di lingkungan yang memotivasinya untuk memakai hijab.

Cara membuat anak perempuan untuk memakai hijab memang tidaklah mudah. Ada sebuah proses yang panjang dan penuh liku bagi anak perempuan untuk memantapkan niatnya menutup aurat. Dalam proses ini peran orang tua sangatlah diperlukan. Jadilah orang tua yang selalu mendamping setiap proses buah hati dan menghargai setiap proses yang dilaluinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here