Home Kesehatan Gejala dan Penyebab dari Penuaan dini yang Perlu Kamu Perhatikan

Gejala dan Penyebab dari Penuaan dini yang Perlu Kamu Perhatikan

43
0
Gejala dan Penyebab dari Penuaan dini yang Perlu Kamu Perhatikan

Berjalannya waktu dan bertambahnya usia kulit kita pun juga tidak akan muda lagi, itu adalah hal yang sudah wajar. Akan tetapi, Menjadi nampak tua merupakan salah satu yang ditakuti oleh banyak wanita. Karena tak sedikit orang yang ingin memiliki wajah yang senantiasa nampak kencang dan segar.

Tetapi, ada beberapa orang yang mengalami penuaan dini pada wajahnya. Apa saja gejala dan penyebab dari penuaan dini? Ternyata gejala penuaan dini tidak hanya keriput pada wajah, mau tahu? Yuk baca hingga akhir apa saja gejala dan penyebab penuaan dini.

Gejala-gejala Penuaan Dini

Coba cek deh, apakah kamu mengalami gejala-gejala seperti dibawah ini?

  • Milia

Bagi yang belum tahu milia, jadi milia itu serupa seperti jerawat tapi tidak sama, milia itu berupa benjolan-benjolan kecil berwarna putih yang disebabkan oleh produk kecantikan wajah yang bersidat keras atau bisa juga oleh paparan sinar matahari.

  • Bibir Kering

Bibir pecah-pecah dan kering bisa menjadi salah satu gejala dari penuaan dini loh. Karena bibir kekurangan kelembabannya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memberikan nutrisi atau gunakan pelembab bibir untuk menghindari bibir kering akibat udara dingin atau paparan sinar matahari.

  • Kantung mata dan Kulit Wajah Mengendur

Kantung mata yang mengendur termasuk salah satu masalah yang sering terjadi apabila usia semakin bertambah. Menurut riset, Mengendur dan menghitamnya kantung mata disebabkan karena jaringan dan otot disekitarnya melemah. Untuk menghindarinya, cobalah anda untuk mengurangi garam, alkohol dan gunakanlah produk krim mata.

  • Munculnya garis halus

Garis halus biasanya muncul di area pipi, jika itu ada pada pipimu artinya kamu sudah mulai mengalami penuaan dini. Jika tidak segera di tangani, garis halus itu akan semakin menebal dan susah untuk dihilangkan. Atasi garis halus dengan menggunakan krim yang mengandung retinol, karena dapat menyamarkan garis halus secara perlahan.

Apakah gejala-gejala tersebut ada pada kamu?

Penyebab Penuaan dini

Penyebab dari Penuaan dini yang Perlu Kamu Perhatikan

Bertambahnya usia adalah faktor alami yang menyebabkan kulit nampak lebih tua. Akan tetapi, ada faktor lain yang menyebabkan penuaan dini pada kita. Mau tau apa saja penyebab-penyebabnya? Simak selengkapnya.

Kurang tidur

Dengan tidur, kulit kita terbantu untuk melakukan regenerasi. Karena ketika kita tidur, hormon-hormon pada kulit kita akan berkembang. Bila anda kurang atau kelebihan tidur maka prosesnya tidak akan berjalan dengan sempurna yang bisa menyebabkan punaan dini terjadi lebih cepat.

Terpapar sinar matahari terlalu lama

Sinar UV yang terkandung di sinar matahari dapat merusak kolagen melalui proses oksidasi, itulah yang menyebabkan penuaan dini muncul. Walaupun di dalam ruangan, ternyata sinar matahari masih bisa masuk melalui jendela. Agar terhindar dari sinar UV, sebaiknya gunakan sunscreen sebelum beraktivitas.

Jarang Membersihkan Wajah

Sehabis melakukan aktivitas sehari-hari, kamu perlu membersihkan wajahmu. Karena wajah yang kotor dapat membuat kulit kamu terasa kering, berkomedo, berjerawat, kusam, dan muncul keriput dan garis-garis halus.

Kurangi mengonsumsi Alkohol, Perbanyak Buah dan Sayuran

Banyak mengonsumsi alkohol ternyata menjadi penyebab penuaan dini juga loh. Karena mengonsumsi alkohol dapat mengganggu kadar vitamin A dan kolagen pada tubuh kita, selain itu alkohol juga dapat merusak warna kulit kita.

Bukan hanya mengonsumsi alkohol saja, ternyata mengonsumsi junkfood juga berpengaruh. Walaupun hampir semua junkfood itu enak, tetapi itu semua tidak baik untuk tubuh kita. Karena terdapat berbagai macam zat yang tidak baik serta rendahnya kadar nutrisi.

Makanan atau minuman yang kadar nutrisinya kurang, dapat menghambat produksi kolagen dan serat yang berfungsi agar kulit nampak segar. Maka, perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang bisa membantu merawat kulit kita.

Itulah gejala gejala dan penyebab penyebab penuaan dini yang perlu anda perhatikan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan menggunakan skin care yang tepat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here