Home Kesehatan Inilah Cara Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Supaya Tidak Mudah Jatuh Sakit

Inilah Cara Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Supaya Tidak Mudah Jatuh Sakit

22
0
mengurangi risiko penyakit

Saat ini penyakit dan virus berbahaya lagi marak-maraknya, oleh karena itu imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat sangatlah penting untuk mencegah dan melawan penyakit dan virus berbahaya.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuhmu. Dari Menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup, berolahraga dan mengonsumsi suplemen. Itu semua bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa hal yang Perlu kamu Perhatikan Agar Tubuhmu Tidak Mudah Terkena Penyakit

Tubuh yang mudah terkena penyakit pasti sangatlah mangganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu kamu perlu menjaga imunitas tubuh supaya tubuh kamu tidak mudah terkena penyakit. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar imunitas tubuh tetap terjaga. Penasaran? Yuk simak berikut ini!

Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan baik. Berikut cara menerapkan pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan agar imunitas tubuhmu kuat melawan berbagai penyakit dan virus:

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup ternyata berperan penting dalam imunitas tubuh. Berapa jam yang ideal untuk tidur? Pada dasarnya waktu tidur yang ideal itu tergantung usia kamu, untuk usia anak-anak idealnya 9-10 jam dan untuk usia dewasa idealnya 7-8 jam.

Perbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur, pastinya imunitasnya kuat. Karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang di butuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas. Apa saja vitamin yang di butuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas?

Vitamin yang dibutuhkan adalah Vitamin C, kamu bisa dapatkan di buah jeruk, stroberi, paprika merah, pepaya, bayam dan yang lain-lain. Vitamin E yang bisa kamu dapatkan di bayam, biji bunga matahari, kacang almon, alpukat, kacang hazelnut, dan lain-lain.

Vitamin A, yang bisa kamu dapatkan dari wortel, melon, labu, dan umbi-umbian.  Vitamin D yang bisa kamu dapatkan dari ikan salmon, yoghurt, ikan sarden, ikan tuna, dan lain-lain.

Zinc, yang bisa kerang-kerangan, kepiting, daging kalkun, daging merah tanpa lemak, yoghurt, dan yang lain-lainnya. Zat Besi, kamu bisa mengonsumsi makanan laut, brokoli, ayam, bayam, kubis, dan yang lainnya. Selenium, selenium terdapat pada bawang putih, sarden, tuna, brokoli, kacang-kacangan, dan yang lainnya.

Berolahraga Secara Teratur

Untuk mendapatkan imunitas yang kuat, olahraga secara teratur cukup penting untuk meningkatkan imunitas. Dan waktu yang disarankan untuk berolahraga kurang lebih selama 30 menitan, dan olahraga yang mudah dilakukan oleh kamu adalah berjalan kaki.

Hindari rokok, alkohol, dan stres

Asap rokok yang terhirup dan mengonsumsi alkohol secara berlebih bisa mengganggu serta merusak sistem imunitas tubuh kita. Karena asap rokok dapat menyebabkan infeksi paru-paru.

Dan stres yang berlebih juga dapat menurunkan imnitas tubuh, karena stres yang berlebih dapat meningkatkan hormon kortisol yang bisa menurunkan fungsi imunitas tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur tingkat stres kamu.

Itulah beberapa cara untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Yuk kita lawan penyakit-penyakit dan virus-virus dengan menerapkan cara-cara diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here