Home Kesehatan Manfaat yang Terkandung di Akar, Daun, Bunga, Buah, dan Biji Pepaya

Manfaat yang Terkandung di Akar, Daun, Bunga, Buah, dan Biji Pepaya

9
0
Manfaat yang Terkandung di Akar, Daun, Bunga, Buah, dan Biji Pepaya

Di indonesia, pohon pepaya tumbuh dan tersebar dimana mana. Pohon pepaya terkadang juga tumbuh dari biji biji pepaya yang terbuang di perkarangan, tanah kosong di dekat rumah, dipinggir jalan dan sepanjang jalan.

Di lahan atau perkarangan yang terbatas, biasanya terlihat minimal 1 batang pohon pepaya. Karena pohon pepaya itu memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai tanaman pengisi lahan dan tanaman pelindung, Akar, batang, bunga, daun, sampai buahnya pun memiliki manfaat.

Pepaya selain bermanfaat sebagai sumber mineral, vitamin dan senyawa lainnya, pepaya juga bermanfaat untuk kebugaran tubuh dan juga bermanfaat sebagai obat.

Manfaat dari Akar Sampai Buahnya

Menurut Dr. Seno Sastromidjojo, Manfaat pohon pepaya dari akar, bunga, daun, biji, dan buah, yaitu sebagai berikut:

Akar, air seduhan akar bisa bermanfaat sebagai obat kantung kemih, ginjal, dan melancarkan air seni. Seduhan dari akar dapat menghilangkan cacing kremi. Gerusan akar ditambah kapur sirih bisa membantu mengobati luka, gigitan binatang berbahaya seperti ular, eksim, dan koreng.

Daun, jika dimakan langsung setelah dimasak ternyata dapat memperkuat sekresi empedu, obat mulas, obat cacing,  obat demam, dan sebagai laksans. Selain itu daun pepaya yang sudah tua juga berguna untuk membungkus daging supaya menjadi lebih empuk.

Bunga, jika direbus dengan antanan untuk membersihkan darah, obat sekit kuning, obat kencing manis, dan memperbaiki nafsu makan.

Pepaya muda, buah pepaya yang masih muda dapat mengobati sariawan dan juga laksansia.

Getah buah muda, getahnya ini bermanfaat untuk mengobati luka bakar, penyakit kulit, jerawat, pencernaan, meminimalisir rasa sakit, dan sebagainya.

Biji, tumbukan biji pepaya yang halus yang ditambah asam cuka, bisa menjadi obat dalam, flu, demam, dan sebagainya.   

Pepaya Menyehatkan Sperma

Untuk pria, mengonsumsi pepaya setiap hari itu sangatlah baik, karena pepaya memiliki vitamin C yang sangat esensial untuk pembentukan sperma dan air mani. Karena dari hasil tes menunjukkan bahwa gerak kehidupan sperma atau air mani dapat diperbaiki dengan mengkonsumsi vitamin C sampai 500 mg sehari.

The world cancer research fund’s (1997) melaporkan bahwa mengkonsumsi pepaya secara rutin bagus untuk mencegah kanker, dari kanker pankreas, paru, payudara, kolon, dan kandung kemih. Karena kandungan karetoid dan vitamin C-nya yang tinggi. Kedua senyawa itu memang sangat berpotensi untuk mengurangi aktivitas radikal bebas sebagai penyebab kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here