Home Kesehatan Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Anda? Coba Atasi dengan 5 Cara ini

Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Anda? Coba Atasi dengan 5 Cara ini

11
0
Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Anda? Coba Atasi dengan 5 Cara ini

Ketika sedang haid, pasti kebanyakan perempuan tidak merasa nyaman untuk melakukan apa saja. saat hari pertama haid, beberapa wanita tentu mengalami rasa nyeri di sekitar area perut bagian bawah.

Kondisi ini memang sangatlah wajar, tetapi ada kalanya rasa nyeri yang muncul itu sangat tidak nyaman bahkan dapat mengganggu berbagai aktivitas. Apalagi bagi perempuan yang bekerja di luar rumah, pastinya aktivitas dan pekerjaan mereka tidak terselesaikan dengan baik.

Gejala nyeri haid yang sering muncul biasanya itu berupa nyeri atau keram di area perut bagian bawah, paha terasa ditarik, punggung bawah terasa nyeri, mual, diare, pusing, muntah-muntah, hingga sakit kepala. Gejala-gejala ini sebenarnya bisa hilang tanpa perlu diobati. tetapi Pada sebagian wanita, Gejala ini muncul dan cenderung menetap dan bisa semakin parah apabila dibiarkan.

Penyebab dari Nyeri Haid

Pada masa menstruasi tiba, Otot yang berada di dinding rahim akan mengalami kontraksi yang lebih kencang dari kontraksi biasanya. Karena pada masa menstruasi, ada sebuah proses untuk mengugurkan pembuluh darah yang menebal di dinding rahim dan mengeluarkan zat kimia yang bernama prostaglandin, hal itulah yang biasanya menimbulkan rasa nyeri.

Menurut hasil penelitian, setiap perempuan itu menghasilkan prostaglandin yang jumlahnya berbeda-beda. Bila perempuan itu menghasilkan sedikit protaglandin, maka kemungkinan besar rasa nyeri itu tidak akan datang. Sebaliknya begitu juga, semakin banyak protaglandin yang dihasilkan, maka dapat menimbulkan nyeri yang berlebih ketika haid.

5 Cara Mudah Mengatasi Keram atau Nyeri Haid

Jika haid datang, yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki pola makan. Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, magnesium, asam lemak dan omega 3. Karena semua kandungan itu bisa mengurangi peradangan penyebab nyeri haid dan mencegah anemia yang sering terjadi ketika menstruasi.

Selain memperbaiki pola makan, ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan untuk meredakan nyeri haid yang mengganggu kenyamanan, Simak cara-cara berikut ini yuk!

Melakukan olahraga ringan

Nyeri haid terkadang bisa membuat seseorang tak sanggup untuk bergerak. Tetapi Olahraga ringan sebenarnya bisa mengurangi nyeri haid tanpa mengonsumsi obat loh. Sebab dengan berolahraga seperti jogging ringan atau senam aerobik dapat memperlancar peredaran darah dan membantu merilekskan otot-otot yang keram.

Banyak mengonsumsi air putih

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup saja dapat membantu mengurai nyeri haid. Karena, apabila air di tubuh kita cukup, maka ginjal kita akan berfungsi dengan baik sehingga dapat membuang kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh. dengan begitu nyeri haid pun akan hilang secara perlahan.

Mengompres di Bagian yang Nyeri

Berikutnya kamu bisa meredakan nyeri dengan cara mengopres pada bagian yang nyeri. Kamu bisa mengompres dengan handuk hangat, botol berisi air hangat dan bantal pemanas. Selain meredakan keram dan rasa nyeri, sensasi hangat juga dapat membuat diri kita lebih rileks.

Pijat

Memijat lembut di area perut bagian bawah dengan merata dan perlahan. Ketika memijat, kamu bisa menggukan minyak aromaterapi. Dengan cara ini bisa membuat kamu merasa lebih nyaman dan rileks.

Mengurangi Stress

Ternyata stress bisa menimbulkan sakit nyeri serta bisa membuatnya semakin parah. Oleh karena itu, cara yang ampuh untuk mengatasi sakit dan nyeri haid tentunya dengan mengurangi stress. Bagaimana caranya? Anda perlu sering sering melakukan hal-hal yang bisa menjauhkan anda dari pikiran stress.

Segera Periksa ke Dokter

Nyeri haid merupakan suatu hal yang normal. Akan tetapi, Jika rasa nyeri tersebut masih saja dirasakan dan tak kunjung membaik bahkan tambah memarah, segeralalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Dengan memeriksa kedokter anda bisa mengetahui penyebab dari rasa nyeri yang tak kunjung membaik. Sehingga anda juga tahu bagaimana penanganan dan solusi yang benar dan tepat.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid dan anda bisa mempraktekkan cara-cara tersebut. Semoga cara-cara mengatasi nyeri haid diatas dapat membantu anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here