Home Tips & Trik Penyebab Rumah Banyak Nyamuk dan Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Penyebab Rumah Banyak Nyamuk dan Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

16
0
Penyebab Rumah Banyak Nyamuk dan Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Sering tak bisa tidur karena rumah banyak nyamuk? Mungkin banyak orang yang merasakan hal yang sama karena banyak nyamuk di kamar tidur yang membuat kita susah tidur nyenyak. Meski sudah menggunakan obat nyamuk, terkadang cara tersebut kurang efektif karena masih banyak nyamuk beterbangan di kamar tidur.

Meski ada banyak hal yang bisa dilakukan, cara alami mengusir nyamuk di kamar dan sekitar rumah merupakan cara terbaik karena tidak memberikan dampak berbahaya.

Tetapi, sebelum kita mengetahui cara alami mengusir nyamuk di rumah, alangkah baiknya bila kita tahu penyebab rumah menjadi banyak nyamuk. Kita harus tahu bahwa suatu hal terjadi karena ada penyebabnya. Oleh karena itu, agar kamar tidak ada nyamuk dan kita bisa tidur nyenyak, mari kita telisik penyebab rumah banyak nyamuk.

3 Penyebab Rumah menjadi Banyak Nyamuk dan Cara Mencegah Nyamuk Masuk Rumah

Penyebab Rumah menjadi Banyak Nyamuk dan Cara Mencegah Nyamuk Masuk Rumah

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa banyak nyamuk di dalam rumah. Jika Anda bisa mencegah beberapa penyebab adanya nyamuk di rumah, Anda tidak perlu repot-repot untuk basmi nyamuk di rumah.

Rumah dan Lingkungan yang Jorok

Nyamuk merupakan jenis hewan yang suka untuk tinggal di lingkungan yang jorok. Ruangan yang pengap, tidak ada cahaya matahari yang masuk, baju yang menumpuk dan lingkungan yang jorok membuat nyamuk betah hidup di sekitar rumah Anda.

Tidak peduli seberapa banyak cara mengusir nyamuk di rumah yang dilakukan, bila lingkungan di dalam rumah terlihat jorok dan kotor, maka nyamuk akan tetap tinggal dan berkembang biak di sekitar rumah.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya bila kita sadar akan kebersihan lingkungan rumah dan kamar. Bereskan baju yang berserakan, cuci pakaian yang kotor agar tidak dibiarkan menumpuk, dan buang sampah yang ada di sekitar rumah. Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir nyamuk yang ada di rumah dan kamar.

Ada Banyak Sampah dan Air yang Menggenang

Selain sampah, air yang menggenang juga merupakan salah satu penyebab rumah menjadi banyak nyamuk. Bukan rahasia lagi bahwa nyamuk menggunakan genangan air untuk meletakkan telur-telurnya yang kelak akan menetas menjadi larva hingga kelak bermetamorfosis menjadi seekor nyamuk.

Jika masih ada banyak genangan air di dalam rumah, tidak heran jika rumah menjadi banyak nyamuk dan Anda harus bersiap untuk menghadapinya setiap malam. Mulai dari sekarang, cara terbaik untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah adalah membuang genangan air. Buang air yang menggenang secara berkala. Atau gunakan penutup agar nyamuk tidak bisa hinggap di permukaan air.

Mencegah nyamuk berkembang biak di sekitar rumah merupakan cara terbaik agar nyamuk tidak masuk rumah atau kamar. Membuang sampah yang menumpuk dan menghilangkan genangan air di rumah merupakan cara mengusir nyamuk secara alami yang paling ampuh dan efektif.

Tidak Ada Cicak di Dalam Rumah/Kamar

Ya, Anda tidak salah baca. Hewan merayap yang satu ini memang berperan penting dalam mengusir nyamuk secara alami. Anda tidak perlu obat anti nyamuk bakar, raket nyamuk, atau bahkan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Dan meskipun sekarang sudah ada pengusir nyamuk, sepertinya cicak jauh lebih efektif sebagai cara mengusir nyamuk di kamar secara alami.

Bila di rumah tidak ada banyak cicak berkerumun di langit-langit rumah, jangan heran bila rumah banyak nyamuk. Cicak memang tidak bisa dipelihara dan kita tidak bisa menentukan banyak sedikitnya cicak di rumah kita. Berdoa saja ada banyak cicak di kamar agar nyamuk tidak masuk rumah.

Itulah beberapa penyebab rumah banyak nyamuk yang harus Anda ketahui dan segera cari cara membasmi nyamuk yang efektif, ampuh dan tidak menggunakan bahan kimia.

Menggunakan obat anti nyamuk bakar memang cukup efektif sebagai cara membasmi nyamuk. Tapi penggunaan obat anti nyamuk bakar dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan efek negatif yang berbahaya bagi saluran pernapasan.

5 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Di Rumah

 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Di Rumah

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencari cara mengusir nyamuk secara alami di rumah secara tradisional tanpa bahan kimia. Dalam artikel kali ini, inspiratips akan berbagi 5 cara mengusir nyamuk secara alami yang ampuh menggunakan hp, tanaman, dan bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah seperti ragi dan kapur barus.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Hp

Mengusir nyamuk dengan hp? Memang terdengar aneh dan mustahil. Tapi berkat kecanggihan teknologi yang kita miliki, developer aplikasi Android berhasil menciptakan terobosan baru sebagai cara mengusir nyamuk dengan suara. Kini, sudah ada suara pengusir nyamuk yang bisa Anda unduh di hp Android.

Adalah Sonic Attack, yang merupakan aplikasi pengusir nyamuk paling efektif. Anda bisa mencari aplikasi pengusir nyamuk di PlayStore dan mengunduh secara gratis. Cara kerja aplikasi pengusir nyamuk ini adalah dengan mengeluarkan suara yang hanya bisa didengar oleh nyamuk.

Ya, bila Anda mengaktifkan aplikasi ini, suara pengusir nyamuk tidak bisa Anda dengar karena suara ini berada di frekuensi tertentu dimana telinga manusia tidak bisa menangkapnya. Alhasil, Anda tidak mendengar apa-apa dan masih bisa tetap tidur nyenyak tanpa diganggu nyamuk yang berkeliaran di kamar.

Cara mengusir nyamuk dengan hp menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mengusir nyamuk di kamar rumah.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Kapur Barus

Selain bisa mencoba cara mengusir nyamuk dengan suara, Anda juga bisa mencari cara mengusir nyamuk dengan kapur barus. Ini merupakan cara usir nyamuk tradisional yang terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk di kamar rumah. Cara kerjanya mirip dengan obat anti nyamuk elektrik.

Perlu Anda tahu bahwa kapur barus bisa digunakan untuk mengusir nyamuk karena mengeluarkan aroma yang tidak disukai serangga, termasuk nyamuk. Berbeda dengan mengusir semut dengan kapur barus, cara usir nyamuk dengan kapur barus bisa dilakukan dengan mempersiapkan beberapa gelas.

Isi gelas tersebut dengan air. Lalu, potong kapur barus kecil-kecil dan masukkan ke setiap gelas yang berisi air. Kapur barus akan mencair dan mengeluarkan bau tak sedap yang tidak disukai oleh nyamuk. Letakkan beberapa gelas berisi air kapur barus di kamar atau ruangan rumah. Letakkan juga di tempat dimana nyamuk suka bersembunyi.

Menggunakan cara mengusir nyamuk dengan kapur barus terbukti sangat efektif membasmi nyamuk. Dan Anda tidak perlu mencium aroma tak sedap dari cara tersebut.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Ragi

Selain menggunakan kapur barus atau aplikasi suara pengusir nyamuk, membasmi nyamuk yang ada di kamar juga bisa dilakukan dengan menggunakan ragi. Ragi merupakan bahan fermentasi yang umumnya digunakan untuk membusukkan bahan makanan. Karena mengandung banyak bakteri, ragi mengeluarkan bau tak sedap yang tidak disukai nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan ragi merupakan cara tradisional membasmi nyamuk tanpa bahan atau obat kimia. Ini merupakan cara lama yang terus digunakan hingga saat ini. Jika Anda tertarik untuk mencoba cara mengusir nyamuk dengan ragi, Anda bisa melakukan langkah berikut ini.

Pertama, pastikan Anda mencari botol, memotong bagian tengah botol dan membuatnya.

Setelah jadi, isi air panas yang sudah dicampur ragi dan sedikit gula. Aroma ragi akan menarik nyamuk masuk ke dalam dasar botol dan bentuk botol yang terbalik akan membuat nyamuk tidak bisa keluar hingga akhirnya terjebak dan mati karena cairan gula membuat nyamuk merekat pada permukaan air. Cara mengusir nyamuk dengan ragi efektif menangkap nyamuk dan Anda bisa melakukannya berulang-ulang.

Bila sudah banyak nyamuk mati dan terjebak di dasar boto, segera ganti dengan cairan baru yang merupakan campuran ragi dan gula.

Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif

Dari sekian banyak cara mengusir nyamuk secara alami, hal lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Pada dasarnya, nyamuk mengidentifikasi mengsanya melalui sensor panas tubuh dan indera penciuman. Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan nyamuk secara alami adalah dengan menyabotase indera penciumannya.

Ada beberapa tanaman untuk mengusir nyamuk yang bisa Anda gunakan. Rosemary, Daun Serai, Bunga Lavender, Bunga Kecombrang, dan Akar Wangi merupakan deretan tanaman untuk mengusir nyamuk paling ampuh.

Anda tak perlu memetik daun atau bunganya lalu menebar di sekitar rumah atau kamar. Anda hanya perlu menanam beberapa jenis tanaman untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah, dekat jendela kamar dan tempat dimana nyamuk biasa bernaung. Aroma tajam yang dikeluarkan tanaman tersebut akan membuat nyamuk berpikir ulang untuk masuk ke dalam rumah.

Dengan demikian, cara mengusir nyamuk dengan tanaman menjadi alternative pilihan yang layak untuk dicoba.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Komputer

Siapa bilang cara menghilangkan nyamuk secara alami hanya menggunakan tanaman, kapur barus atau ragi saja? Anda pun bisa mengusir nyamuk dengan komputer, PC atau laptop. Hanya saja, cara ini kurang efektif dilakukan di malam hari karena Anda harus tidur dan komputer atau PC harus menyala semalaman.

Cara mengusir nyamuk dengan komputer PC efektif dilakukan pada siang atau pagi hari, saat Anda sedang berada di depan layar komputer. Caranya, Anda harus download aplikasi pengusir nyamuk untuk PC. Lalu, aktifkan dan pilih frekuensi paling tinggi. Cara kerja metode ini sama dengan cara mengusir nyamuk dengan hp, dimana Anda harus menginstall aplikasinya dan menggunakan frekuensi suara tertentu untuk mengusir nyamuk.

Kini, bila Anda ingin mencoba cara mengusir nyamuk dengan suara, Anda bisa menggunakan hp atau komputer.

Sekarang, Anda tahu penyebab rumah banyak nyamuk dan bagaimana cara membasi nyamuk di rumah secara alami. Keputusan ada di tangan Anda, apakah akan membiarkan rumah kotor dan dipenuhi nyamuk. Atau menjadikannya tempat yang nyaman dan sehat untuk keluarga.

Punya solusi atau cara usir nyamuk secara alami lain yang terbukti efektif? Silahkan tulis di kolom komentar..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here