Home Millenial Selain Menambah Uang Jajan, 5 Part-Time Jobs Ini Juga Bisa Mengasah Kemampuan

Selain Menambah Uang Jajan, 5 Part-Time Jobs Ini Juga Bisa Mengasah Kemampuan

35
0
part time jobs

Menjadi mahasiswa merupakan salah satu momen terbaik dalam hidup. Masa transisi ini menjadi penentu arah masa depan kita. Di saat banyak orang memilih menghabiskan malam minggu mereka untuk hang out dengan teman sebaya, ada beberapa mahasiswa yang memilih untuk hidup lebih sederhana.

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi mahasiswa membutuhkan modal. Biaya hidup yang tinggi untuk tinggal di kota besar, ditambah uang kiriman orang tua yang tak seberapa, membuat sebagian dari kita terpaksa untuk bekerja. Part-time jobs sering menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki uang tambahan.

Selain lebih baik daripada menjual organ tubuh, memiliki beberapa part-time jobs saat kuliat akan membuat CV-mu terlihat lebih mentereng. Bahkan, beberapa tokoh penting dunia pernah bekerja menjadi pengantar susu, loper Koran, bahkan tukang cuci mobil. So, lupakan gengsi dan gunakan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan non-akademik.

Nah, 5 part-time job ini layak untuk dicoba untuk mahasiswa yang ingin menambah uang jajan.

Instruktur Senam

Do you like a healthy lifestyle? Menjadi instruktur senam ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kamu bisa mendapat tubuh ideal yang mempesona sekaligus dapat uang tambahan dengan menjadi instruktur senam. Memang tidak mudah untuk menjadi instruktur senam karena profesi ini membutuhkan sertifikat atau lisensi dibidang itu.

Tapi kalau kamu rajin nge-gym, so why don’t you try to join the fellowship? Biasanya ada kelas khusus untuk instruktur senam yang ingin menjadi professional di bidang ini. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, dibayar untuk melakukan hal yang kita suka jauh lebih prestisius dibanding apapun.

Penyiar Radio

Mahasiswa komunikasi biasanya menjadi penyiar radio sebagai pelarian dan pemasok pundi-pundi uang. Bahkan beberapa stasiun radio di kota-kota besar tidak menuliskan “mahasiswa komunikasi” sebagai syarat untuk menjadi part-time announcer asalkan kamu punya kemampuan yang baik di bidang public speaking. Dibanding kerja paruh waktu lain, menjadi penyiar radio akan membuatmu lebih terpandang.

Di sisi lain, kamu juga punya kesempatan lebih besar untuk mencoba hal lain di bidang yang sama. Banyak job offline yang bisa kamu ambil, seperti MC, yang akan menambah jam terbang dan mengasah kemampuan public speaking. Di sini kamu bisa mulai untuk mengembangkan personal branding dan menambah koneksi dengan mengikuti berbagai Event Organizer dan kalangan lain.

Tutor

Punya skill khusus seperti menguasai bahasa asing, bisa Matematika, jago berenang, atau keahlian lain merupakan sebuah keunggulan. Kamu bisa membuat tutor untuk kalangan-kalangan tertentu. Banyak mahasiswa yang membuat selebaran dan mengajukan diri sebagai guru private bahasa Inggris untuk anak SD/SMP/SMA.

Jika kamu paham teknologi, membuat chanel tutorial di YouTube, mengadakan course di Udemy, atau menjadi tutor online di platform lain bisa menjadi hobby yang menghasilkan uang.

Ada banyak kesempatan buat mahasiswa yang punya skills unik. Asal mau mencari celah dan koneksi, orang lain rela membayar agar mereka memiliki kemampuan yang sama seperti yang kamu miliki sekarang.

Web Designer

Bagi mahasiswa jurusan Informatika, coding menjadi mata kuliah yang menyebalkan. Namun beda ceritanya jika kemampuanmu dikembangkan dengan cara lain, menjadi web designer, misalnya. Platform online seperti Fiverr menyediakan tempat bagi mereka yang melek teknologi. Seseorang rela membayar puluhan dollar bagi siapa saja yang bisa membuat tampilan website menjadi lebih clean and fresh.

Web Designer merupakan part-time paling menjanjikan karena dengan berkembangnya teknologi, di masa depan website merupakan kebutuhan pokok seseorang. Bahkan, beberapa start-up lahir karena sang pendiri jago demo ngoding sejak masih kuliah.

Fotografer

Bayangkan betapa hancurnya hati Kevin Systrom – pencipta Instagram, mengetahui aplikasinya berisikan puluhan juta foto selfie, duckface, whatever it called, dan ratusan ribu hestek #jualpeninggibadan #jualpemutihkulit #freeongkir #sis dari pelaku online shop Indonesia. Mahasiswa yang bijak menggunakan Instagram untuk memamerkan hasil karya tangkapan kamera.

Gunakan Instagram untuk mengenalkan kemampuanmu di balik lensa kamera. Menjadi fotografer pernikahan, perpisahan, atau event lain akan membuatmu lebih bergairah dengan hobby yang kamu tekuni karena mendapatkan apresiasi. Setidaknya, cita-cita Kevin terwujud dan kamu mendapat fresh cash sebagai freelance fotografer.

Sebagian orang memilih menghabiskan masa mudanya untuk hura-hura dan sebagian lainnya memilih untuk berkarya. Ada banyak pilihan part-time jobs yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan minat mahasiswa. Dan tidak ada salahnya, untuk mulai membiasakan diri memiliki tanggung jawab sejak dini.

Start small, but always aim high!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here