Home Millenial Self-Learning Method Untuk Para Calon Pengusaha Muda

Self-Learning Method Untuk Para Calon Pengusaha Muda

20
0
pengusaha muda

Untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, seorang calon pengusaha muda harus belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Banyak diantara mereka yang menghabiskan uang untuk berinvestasi dan menambah modal, tetapi lupa untuk mencari mentor untuk belajar. Sesekali, cobalah berinvestasi dengan mengikuti coaching clinic, kursusatau seminar berbayar untuk menambah pengetahuan.

Namun bagaimana jika kamu tidak bisa menemukan mentor yang tepat? Dengan panduan ini, kamu bisa menjadi calon pengusaha muda yang sukses dengan metode self-learning.

Tantang Dirimu Sendiri

Seorang pengusaha harus terbiasa untuk menghadapi berbagai rintangan. Bagi calon pengusaha muda, cobalah untuk selalu memberikan tantangan untuk dirimu sendiri. Buat rencana dan target yang harus kamu kerjakan dan pastikan bahwa kamu bisa mencapai target tersebut. You’re an entrepreneur, not a waiter! (pelayan restoran.red)

Ambil Resiko

Kamu tidak akan pernah mengetahui hasilnya jika kamu tidak pernah mencoba. Akan lebih baik menyesal karena pernah gagal daripada menyesal karena tidak pernah mencoba. Kehidupan seorang pengusaha penuh ketidakpastian dan kemungkinan. Dan hanya ada satu cara mengetahui hasilnya; mencoba dengan seluruh konsekuensi dan resikonya.

Percaya Pada Kemampuan

Salah satu motivasi terkenal dari Henry Ford,”Whether you think you can, or think you can’t, you’re right.” Percaya pada diri sendiri akan membawamu pada kesuksesan meskipun harus melalui beberapa rintangan. Jika kamu masih memiliki banyak alasan dan tidak mengambil kesempatan, itu berarti kamu tidak percaya dengan kemampuanmu sendiri.

Memiliki Visi yang Jelas

Seorang pengusaha memiliki visi yang jelas dan tahapan terstruktur untuk mewujudkannya. Tulis target dan cita-citamu beserta hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apa yang kamu targetkan tercapai. Pastikan bahwa kamu memiliki visi yang jelas agar tahu apa yang harus diperjuangkan.

Hadapi Rasa Takutmu

melawan-rasa-takut

Menghadapi rasa takut bukanlah perkara yang mudah. Tapi untuk menjadi pengusaha yang sukses, rasa takut itu harus ditaklukan. Setiap pengusaha memiliki rasa takutnya sendiri. Bedanya, pengusaha yang sukses berhasil “menaklukkan” rasa takut mereka sedangkan sebagian dari mereka terkurung oleh ketakutan dan tidak berkembang.

Take Action!

Motivational Quotes Dalam Bisnis dan Arti Sebenarnya

Dunia penuh ide-ide menarik tetapi sukses terwujud karena adanya aksi. Ada banyak ide-ide luar biasa dalam benak seseorang saat menjelang ia tidur. Sayangnya saat fajar datang, ia harus bekerja di kantor seharian. Hasilnya, ide tersebut gagal terwujud dan ia tetap menjadi pekerja kantoran biasa. Apa jadinya jika ide gila tersebut ada di benak seorang calon pengusaha muda dengan dedikasi tinggi?

Kelola Energi, Bukan Waktu

Pekerja punya sedikit waktu, jam kerja mereka terbatas antara pukul 07.30 hingga pukul 17.00, sedangkan pengusaha memiliki lebih banyak waktu. Tapi, mengelola energi jauh lebih penting daripada mengelola waktu.

Jangan buang energimu untuk melakukan hal yang bisa dilakukan orang lain atau berdampak kecil, tapi gunakan energimu untuk hal-hal penting dan berdampak lebih besar terhadap bisnismu.

Buatlah Sebuah Tim

Perlu diingat, perusahaan besar lahir dengan dari sebuah tim kecil yang kuat. Rangkul orang-orang yang percaya dan memiliki dedikasi yang sama dengan bisnismu. Carilah orang yang percaya dengan apa yang kamu dan timmu lakukan karena kemampuan anggota tim bisa ditingkatkan, tetapi gairah, keyakinan dan dedikasi merupakan hal mutlak yang harus dimiliki anggota tim.

Belajar dari Sebuah Kesalahan

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Kesalahan terjadi dan bukan merupakan hal untuk diperdebatkan, tapi untuk dipahami dan sebagai bahan untuk dipelajari. Ketika kamu terbiasa dengan kegagalan, maka kamu selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.

Belajar Dari Kritik

Bill Gates berkata bahwa konsumen yang tidak puas merupakan sumber terpercaya untuk belajar. So, biarkan konsumen menjadi orang yang akan menunjukkan dimana lubang yang harus diperbaiki dalam bisnis.

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, dibutuhkan banyak pengorbanan, gairah dan ketekunan, fokus, dan proses yang panjang. Tidak ada cara cepat untuk menjadi pengusaha sukses karena semua membutuhkan sesuatu untuk dipelajari. Punya pengalaman lain yang ingin dibagi? Yuk, tulis di kolom komentar..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here