Home Inspirasi Usaha Sampingan yang bisa Karyawan Lakukan untuk Menambah Pengahasilan Tambahan

Usaha Sampingan yang bisa Karyawan Lakukan untuk Menambah Pengahasilan Tambahan

8
0
usaha sampingan karyawan

Menjadi karyawan memang membosankan. Ini merupakan fakta yang semua orang akui karena kita harus bekerja seperti robot. Jika bukan karena tanggungan keluarga dan hal lain yang menjadi prioritas Anda, mungkin Anda telah lama pergi meninggalkan pekerjaan Anda sekarang. Resign jelas bukan pilihan karena resiko yang ditanggung tidak sebanding dengan pendapatan yang bisa kita dapatkan.

Pilihan paling realistis hanya ada dua; pertama, Anda harus menambah pengasilan dengan cara mencoba usaha sampingan di sela pekerjaan. Dan pilihan kedua adalah mengurangi pengeluaran rutin bulanan – yang sepertinya bisa, tapi sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, pilihan paling realistis adalah yang pertama. Anda harus memiliki usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Syukur-syukur, kelak usaha Anda berkembang dan bisa segera keluar dari pekerjaan yang membosankan.

Bagi karyawan yang sedang mencari peluang usaha sampingan, ada beberapa peluang usaha kecil dengan keuntungan yang menjanjikan setiap bulan. Memang tidak sebesar pendapatan bulanan Anda, tapi setidaknya kini Anda mendapatkan ‘uang kas’ tambahan untuk mencukupi kebutuhan.

Bisnis Online

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa Anda geluti saat ini. Jualan online merupakan hal yang paling mudah diantara pilihan lain. Anda bisa mulai berjualan online di beberapa marketplace lokal yang menyediakan lapak untuk menjajakan produk dan barang Anda. Menjadi dropshipper menjadi pilihan yang tepat karena dapat meminimalisir modal awal, Anda hanya mencari pembeli dan supplier yang menyediakan barang tersebut.

Memulai jualan online pun sangat mudah karena bisa diawali melalui sosial media yang Anda gunakan. Facebook, Instagram, Twitter dan Steller menjadi platform gratisan untuk memamerkan jualan Anda. Jualan online pun bisa menjadi langkah awal untuk memulai bisnis online yang lebih kompleks, seperti Publisher, Affiliate Marketer, Copywritter, atau bahkan SEO Consultant. Itu merupakan sederet nama profesi bisnis online yang bisa mendatangkan ribuan dollar setiap bulan.

Menekuni Hobi

Selama ini orang lupa bahwa hobi yang mereka sukai bisa juga mendatangkan uang dan tambahan pendapatan. Hanya saja, karena mereka melakukan hobi tersebut secara amatir maka tidak ada hasil profesional yang bisa Anda raih. Untuk mendatangkan uang dari hobi yang ditekuni, Anda harus bersikap profesional dan melakukannya layaknya seorang ahli. Apapun hobi Anda, fotografi, menulis, memancing atau bahkan traveling bisa didokumentasikan dalam sebuah blog atau YouTube yang dapat mendatangkan uang tambahan.

Bahkan, seorang Postcrosser (orang yang suka berkirim Kartu Pos melalui platform postcrossing.com) bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual perangko yang dimilikinya. Ada banyak kolektor perangko di belahan dunia sana yang mencari perangko dari setiap Negara di dunia.

Jual Beli Mobil

Ini merupakan salah satu peluang usaha sampingan bagi karyawan yang menjanjikan. Anda tidak perlu memiliki showroom untuk melakukan transaksi. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menjadi makelar mobil. Anda harus mengetahui jenis, harga, mesin dan berbagai komponen mobil. Produk knowledge menjadi kunci penting bagi makelar mobil sukses. Tanpa pengetahuan yang cukup, Anda akan dianggap kurang kredibel oleh calon pembeli.

Menjadi makelar mobil merupakan salah satu peluang usaha sampingan yang menjanjikan karena makelar dapat membawa pulang 5 hingga 12 juta rupiah setiap transaksi sukses, tergantung jenis dan harga mobil. Tidak heran jika bisnis jual beli mobil bekas menjadi salah satu pilihan karyawan yang ingin memiliki tambahan pendapatan.

Menjual Jasa

Jika Anda merasa memiliki kemampuan khusus yang bisa dijual, maka ada banyak pilihan yang bisa diambil. Jasa les privat merupakan usaha sampingan tanpa modal yang paling popular karena tidak diperlukan biaya khusus. Anda hanya perlu mengajarkan apa yang Anda bisa dan mendapatkan bayaran akan hal tersebut. Promosi pun bisa dilakukan melalui mulut ke mulut dari lingkungan pertemanan.

Jasa Freelance Writer, Jasa Penerjemah, Desain Grafis, atau bahkan MC akan memberikan income tambahan yang menjanjikan jika ditekuni. Ini hanya soal bagaimana Anda mengemas jasa yang ditawarkan. Ada banyak platform online yang menyediakan berbagai lowongan di bidang jasa bagi karyawan yang sedang mencari peluang usaha sampingan sabtu minggu.

Membeli Bisnis Waralaba atau Franchise

Pilihan terakhir ini merupakan yang paling sulit karena dibutuhkan modal yang cukup besar dan persiapan yang matang. Harus ada analisis bisnis dan riset khusus sebelum membeli sebuah franchise. Tidak peduli jenis waralaba apa yang Anda pilih, harus ada periode waktu yang pasti kapan usaha mulai berjalan, berapa target omset bulanan, estimasi jangka waktu balik modal dan kompetitor dari franchise lain.

Itulah beberapa ide peluang usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh karyawan. Setidaknya, Anda memiliki kemauan untuk memperbaiki perekonomian dengan usaha sampingan. Bahkan, alih-alih hanya mengharap pendapatan tambahan, peluang usaha sampingan tersebut akan menjadi awal langkah sukses Anda menjadi wirausaha.

Even a Billionaire started with a small step.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here